Tips Memilih Lokasi Server Hosting

Saat Anda memilih web hosting yang akan digunakan untuk mendukung website, ada satu hal yang juga penting untuk dipertimbangkan yaitu lokasi server hosting. Memilih lokasi server hosting sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi jika Anda adalah seorang yang terbilang pemula. Bagi sebagian orang mungkin lokasi server tidaklah menjadi sesuatu yang penting, tapi bagi sebagian yang lain hal ini menjadi salah satu point penting dalam membeli sebuah web hosting. 
tips-memilih-lokasi-server-hosting

Alasannya mungkin akan bermacam-macam, bisa jadi karena alasan kecepatan akses, fokus audience dan lain-lain. Pada artikel berikut, kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih lokasi server hosting yang dapat membantu Anda menemukan web hosting dengan tepat.

Kenali Website Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui website Anda secara lebih dalam. Misalnya, termasuk jenis website apa? Apakah toko online, website pribadi, blog, sistem informasi, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mengetahui bagaimana jenis, kriteria, dan kebutuhan dari website Anda maka selanjutnya Anda dapat menentukan lokasi yang sesuai.

Kenali Negara Mana Saja yang Mengunjungi Website Anda

Selanjutnya, kenali negara mana saja yang mengunjungi website Anda, untuk hal ini Anda bisa melakukan riset tersendiri. Jika yang mengunjungi website banyak berasal dari Indonesia, lebih baik Anda memilih lokasi server hosting yang berada di Indonesia, opsi lain bisa juga memilih lokasi server yang berada di Singapore.
Mengapa ? Alasannya, untuk mempercepat proses download maupun upload pada website. Sebenarnya tidak salah memilih lokasi server hosting, baik di Amerika atau dimana saja. Semua kembali lagi pada kebutuhan masing-masing website. Jika memang benar ingin akses tercepat dari target negara Anda, maka lebih baik tempatkan lokasi server hosting di negara tersebut atau bisa juga di lokasi server yang cukup dekat dijangkau.

Perhatikan Kecepatan Akses

Situs atau website yang menggunakan server Indonesia akan lebih cepat diakses dari IP (pengunjung) Indonesia dikarenakan lokasi server berada di Jakarta. Sedangkan website yang menggunakan server Amerika akan lebih cepat diakses dari mana saja.

Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan lokasi server hosting website Anda dengan budget atau anggaran dana yang dimiliki. Perlu diketahui untuk sekarang harga hosting di lokasi server Indonesia dan Singapore lumayan lebih tinggi dari harga hosting yang berlokasi di server Amerika atau Eropa. Namun, harga ini tidak selamanya stabil dan terus mengalami perubahan.

Perhatikan Keperluan Selain Kecepatan Akses

Selain kecepatan akses website dari negara tertentu, perhatikan juga keperluan lainnya seperti email. Jika hosting yang Anda gunakan bukan hanya untuk penempatan website saja, lebih baik gunakan server yang berada di Amerika atau Eropa karena umumnya layanan email publik diletakkan di kedua negara tersebut. Dan jika secara umum website Anda tidak menargetkan dari mana negara pengunjung berasal, lokasi server hosting di Amerika bisa jadi pilihan terbaik.

Demikian tips singkat yang akan membantu Anda untuk memilih lokasi server hosting untuk website anda, jika artikel ini bermanfaat silahkan share ya kawan-kawan..



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Lokasi Server Hosting"

Posting Komentar