Penyebab Foto Kamera Android Tidak Jernih

Kamera Android kamu buram atau cenderung menghasilkan foto yang kabur atau berpendar? Coba ikuti tips membuat kamera Android lebih jernih berikut ini. Tidak ada jaminan bahwa setelah mengikutinya terus foto dari Android kamu jadi akan sekualitas hasil jepretan DSLR.

penyebab-foto-kamera-android-tidak-jernih


Penyebab Foto Kamera Android Tidak Jernih


Sebelum kita teruskan tentang mengatasi foto kamera Android yang buram, sebaiknya kita tahu dulu mengapa hasil foto kamera Android kita buruk, sulit atau lama banget dapat fokus, tampak kabur dan pecah. Jadi nanti kita bisa lebih tepat dalam mengikuti tips cara membuat kamera Android lebih jernih ini.

Karena memang kualitas kamera Android kamu buruk

Ini bisa terjadi pada beberapa Android berharga murah meriah yang lebih mementingkan fitur dasar sebuah handphone, yaitu untuk berkomunikasi dan mengakses internet. Sehingga fitur kamera-nya dibuat serendah yang mungkin. Dengan sensor kecil dan buruk yang membuat kamu malas banget menggunakan kameranya.

Untuk yang seperti ini, hampir tidak ada yang bisa kita lakukan. Cuman bisa mengupayakan obyek yang akan difoto mendapat cahaya yang baik. Itu saja. Diapa-apain kameranya memang jelek, jadi ya pasrah saja.

Aplikasi kamera bawaan yang kurang bagus

Ada loh merk Android tertentu yang kurang memerhatikan software atau aplikasi kameranya. Hampir tidak ada yang bisa diatur di dalam aplikasi kameranya itu. Biasanya sih ini untuk Android kelas bawah yang sebenarnya punya hardware kamera lumayan, tapi pembuatnya lebih memilih untuk segera merilisnya daripada menghabiskan tenaga untuk membangun aplikasi kamera yang lebih mumpuni. Toh, harganya murah kan? Hehe…

Terkadang, custom ROM yang kamu pakai juga membawa aplikasi kamera yang kurang bagus dibandingkan aplikasi kamera bawaan stock ROM. Kalau sudah begini, mau tidak mau ya musti cari aplikasi kamera yang lebih mumpuni. Ada banyak kog di luar sana. dee-nesia sih menyarankan Open Camera atau kalau bisa Google Camera.

Memotret dalam keadaan yang tidak optimal

Ini jadi nyrempet-nyrempet teknik fotografi sederhana. Tips mudahnya begini nih:


  • hindari cahaya kuat di belakang objek
  • usahakan kamera yang membelakangi cahaya, bukan objeknya
  • kalau terpaksa seperti itu, gunakan fitur HDR (kalau ada)
  • tidak usah gunakan zoom, mendekatlah pada objek
  • tidak usah takut mengambil banyak foto. Nanti bisa dipilih mana yang bagus dan hapus yang buruk
  • tenanglah, usahakan tangan atau objek kamu bisa diam ketika mengambil foto
  • kalau ada fitur manual, gunakan

Karena lensa atau kaca penutup lensa kotor / baret

Kamu heran, karena foto hasil kamera Android kamu sekarang jadi jelek, kabur, pecah, dan berkabut. Padahal dulu, ketika Android kamu itu masih baru, fotonya bagus dan jernih. Eh, kog sekarang jadi bikin mual begitu ya?

Biasanya, masalahnya terletak pada kaca penutup lensa yang kotor, buram atau bahkan baret ada luka goresan. Kalau Android kamu pernah terjatuh atau mungkin masuk ke air, bisa jadi ada jamur di daerah sekitar lensa kameranya. Intinya, lensa dan atau kaca penutup lensa tersebut kotor.

Gimana Kawan-kawan? udah tau kan penyebab kenapa kamera HP Android kamu kurang jernih? kalo bermanfaat silahkan share ke temen-temen ya...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Foto Kamera Android Tidak Jernih"

Posting Komentar