Menggunakan Gping untuk Ping dengan Output Grafik

Sebelum kita mulai kita kenalan dulu yuk dengan yang namanya Ping. Ping adalah sebuah tool yang memungkinkan anda untuk mencoba apakah perangkat yang kamu gunakan terhubung dengan internet, sebuah komputer atau dengan perangkat jaringan lainnya, Intinya sih Ping berfungsi untuk menguji konektivitas pada sebuah perankat.

Perintah ini akan mengirim sebuah paket data berukuran kecil ke sebuah alamat IP atau sebuah URL yang spesifik, kemudian jika paket data tersebut diterima, kemudian paket data tersebut akan dikirim kembali ke perangkat semula untuk menandakan bahwa perangkat tersebut terhubung dengan internet atau perangkat lainnya.

Ping juga memungkinkan anda untuk melakukan uji coba kecepatan dari koneksi internet yang anda gunakan dengan melakukan ping ke sebuah server spesifik. anda akan mengetahui berapa kecepatan dari koneksi internet anda dari seberapa lama paket tersebut akan terkirim dan diterima kembali. Semakin lama paket tersebut terkirim dan diterima kembali, semakin lambat koneksi internet yang anda gunakan.

Secara default hasil yang dikeluarkan dari perintah ping ini adalah baris-baris teks yang memuat informasi dari hasil proses ping tersebut. Jika anda merasa bosan dengan hasil keluaran tersebut, anda bisa menggunakan sebuah tool yang mengeluarkan data hasil proses ping dalam bentuk grafis bernama Gping.

Gping sebuah tool open source yang bisa mencetak hasil keluaran dari perintah ping dalam format grafis di Terminal Linux. Gping bekerja sama seperti ping pada umumnya yang bisa anda gunakan untuk melakukan ping ke sebuah alamat IP atau URL, namun data hasil dari proses ping tersebut divisualisasikan dalam bentuk grafis, sehingga membuat anda lebih mudah melihat hasil dari proses ping.

Menggunakan Gping untuk Ping dengan Output Grafik
Contoh Output Gping

Cara Install Gping di Linux Menggunakan Snap

Gping tersedia dan bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Pada Linux kamu bisa menginstallnya dari Snap package yang sudah tersedia Snap.

Buka Terminal pada Linux kamu dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui menu aplikasi

Kemudian masukkan perintah berikut pada Terminal untuk mengunduh dan memasang Gping pada perangkat kamu dengan menggunakan Snap:

 sudo snap install gping && sudo snap connect gping:network-observe 


Tunggu unduhan dan pemasangan Gping hingga selesai dan pastikan berhasil tanpa ada masalah. Jika proses pemasangan selesai, kamu dapat menggunakan Gping untuk menguji konektivitas dengan memasukkan perintah berikut pada Terminal:

 gping 


Jika kamu hanya memasukkan perintah Gping seperti diatas tanpa memasukkan tujuan proses ping secara spesifik, secara default Gping akan melakukan ping ke alamat Google

Untuk melakukan ping ke alamat yang spesfik, kamu bisa melakukannya dengan menambahkan alamat IP atau URL yang lebih spesifik seperti berikut:

 gping isky.web.id 





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Gping untuk Ping dengan Output Grafik"

Posting Komentar